Jumat, 02 Maret 2012

Kerajaan Sorga Tidak Jauh, Matius 4:12-17

A.
Kapernaun, kota yang tidak disebutkan dalam PL, tetapi dengan jelas merupakan kota yang cukup besar dan dikenal pada masa pelayanan Yesus. Kurang lebih 20 mil lebih ke utara Nazareth
Mengapa pindah?
a. Sudah mulai mendapatkan tekanan atau perlawanan di Nazareth
b. Mendapatkan dampak dari jumlah orang yang lebih banyak, karena Kapernaun kota yang lebih sibuk dan kotbah Yesus dapat meraih lebih banyak orang juga beritaNya lebih cepat menyebar.
c. Untuk mendapatkan dan memanfaatkan, menggunakan sumber-sumber dan dukungan lebih besar dalam pelayananNya
Ayat 15-16 : merupakan kutipan dari nubuatan mesianik dari Yesaya 8:23-9:1. Konteks Yesaya 8:23-9:1, berbicara tentang kegelapan daerah-daerah utara yang ditaklukkan oleh orang Asyur. Zebulon dan Naftali adalah dua dari 12 suku-suku Israel.Tanah Zebulan dan Naftali, terletak di utara dan barat Danau Galilea, dan Kapernaun ada di lokasi itu.Dengan mengutip ayat-ayat dari Kitab Yesaya, Matius menghubungkan pelayanan Tuhan Yesus ke PL, dan ini sangat menolong pembaca-pembaca Yahudi yang sangat familiar dengan bagian ini.
“Bertobatlah!” (present imperative) : Yesus memulai pelayanan kepada orang banyak dengan berita yang sama yang disampaikan oleh Yohanes Pembaptis (lih. Mat 3:2). Orang-orang harus bertobat karena pemerintahan Allah sudah datang dalam pribadi dan pelayanan Yesus Kristus. Berita “bertobatlah” adalah berita yang sama yang diwartakan seperti yang disampaikan Yohanes Pembaptis dan Yesus Kristus
Kerajaan Sorga : favorit atau ciri khas Matius, sebenarnya bersinonim dengan Kerajaan Allah dalam kitab Markus dan Lukas, merupakan karakteristik Yahudi dalam hormat dan takut untuk menghindari penyebutan nama ilahi, dan mengganti dengan kata sorga. Kerajaan Sorga, kerajaan Dia (Yesus) yang ada di sorga, bukan suatu kerajaan “sorgawi” dan “rohani” yang dibedakan dengan suatu kerajaan “bumi” dan “jasmani”. Kerajaan sorga sering dihubungkan dengan pemerintahan dan kedaulatan Allah, tetapi juga dapat berarti menunjuk kepada pribadi Yesus sendiri.Kerajaan sorga mulai ketika Allah menjelma jadi mansuia dalam pribadi Yesus Kristus dan masuk dalam sejarah manusia.
“Sudah dekat”, NASB “is at hand” (perfect indicative), NIV “is near” (perfect tense), satu kejadian yang telah digenapi di waktu lampau tetapi terus mempunyai hasil yang berkelanjutan, dan fakta itu ditegaskan dengan pemakaian mood indicative

B.
Misi Yohanes sudah selesai. Lalu dilanjutkan oleh Yesus, menghadirkan Kerajaan Sorga. Dan tugas panggilan ini harus dilanjutkan oleh gereja dan setiap orang percaya saat ini.
Zebulon, Naftali merupakan daerah gentiles. Artinya, berita keselamatan ditunjukkan juga bagi bangsa asing selain Yehuda.
Kerajaan Sorga sudah dekat menekankan akhir daripada segala sesuatu = sudah dekat dan pasti akan terjadi.

C.
KA berita inti dari misi
KA adalah Allah sendiri bersama dengan umatNya.
KA tidak jauh= - Dalam diri Tuhan Yesus sendiri (Rm 14;17; Yoh 14:6)
- Tuhan Yesus sudah datang menjadi manusia (Yoh 1;14)

D.
KA digambarkan dengan kehadiran Kristus di tengah orang percaya. Diteruskan dengan peran gereja di tengah dunia. Gereja sebagai komunitas orang percaya, harus meneruskan pesan ini kepada orang-orang yang membutuhkan keselamatan.

E.
KA menyangkut pemilihan.
KA menyangkut dampak, walau terlihat tetapi berdampak besar

F.
KA sangat penting dalam kehidupan iman kekeristenan
KA berbicara tentang otoritas Allah dlama kehidupan orang percaya
KA berbicara tentang kesaksian anak-anak Allah sebagai agen Kerajaan Sorga (dalam ranah praktis)
KA berbicara tentang waktu. Cepat atau lambat Tuhan akan datang.

G.
Hidup hari ini adalah kesempatan yg masih Tuhan berikan.
Hidup berdamai dengan Allah.
Menyelesaikan apa yang masih belum dikerjakan.

I.
Peace, Hope, Truth, Promise, Immortality and Salvation
Kerajaan = melekh bukan menunjuk pada kekuasaan secara geografis. Tetapi mengacu pada control.Dunia adalah KA. Sejarah dunia akan menuju tujuan akhir, baik melalui tangan pemeliharaanNya yg kuat, maupun melalui providensianya yg tenang (silence).

J.
KA tidak jauh
- Kehadiran KA kehadiran Allah secara fisik, dan dapat dirasakan, yang bertujuan:
• Mencari yg terhilang
• Memberikan jawaban
- Hadir membawa pembaharuan, yang memberikan pengertian jalan
- Terciptanya persekutuan dengan Allah, setia orang mengalami kasih dari Allah.
4 hal yang dapat terjadi bila KA sudah dekat
- Pembebasan hidup dari dosa
- Sukacita dan damai sejahtera
- Penempatkan hidup yg benar
- Berkarya dengan benar.

K.
KA sudah dekat dalam konteks pelayanan Yohanes Pembaptis dan Yesus. Dalam pemberitaan KA ada cost yg harus dibayar. TampilNya Tuhan Yesus bukan sbg pewarta KA tetapi pemilik KA.
3 Keindahan dalam KA:
- KA sebagai penggenapan janji Allah (to fulfil = tepat seperti yg dijanjikan dan
pasti benar alias tidak ada kepalsuan)
- Mampu dan sanggup memberikan perubahan (terang itu sudah datang…)
- KA memberikan jaminan pengharapan akan datang (…is near=present and future)

L.
KA = Kingdom secara kekuasaan dan Kingship. Jikalau Dia bukanlah Tuhan atas segala hal, maka Dia bukanlah Tuhan
Pemberitaan KA Yohanes Pembaptis menunjuk pada Tuhan Yesus sedangkan Yesus menunjuk pada kehadiranNya
KA sudah dekat=Imanuel. Bukan berarti everything is ok. Ada peperangan melawan kerajaan kegelapan yg tidak akan pernah berakhir.
KA sudah dekat=pertobatan terhadap bangsa-bangsa.
KA begitu dimiliki harus disampaikan kepada orang lain
Berita KA adalah penentu segala sesuatu

M.
Sorga adalah sebuah tempat yang dicari oleh semua orang di dunia ini. Sebab tempat itu menjanjikan kesenangan, keindahan, kenyamanan dan segala-galanya.... tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara menuju ke sorga itu. Manusia berasumsi bahwa masuk sorga dengan amal, ibadah, kesalehan, agama dll, ternyata semua cara itu tidak membawa mereka ke sorga. Sorga masih terlalu jauh dan seolah tidak bisa tergapai. Akhirnya, tidak ada pilihan lain manusia tetap mengerjakan semua itu sambil berharap mudah-mudahan bisa masuk sorga. Hal ini sangat berbahaya sekali, sebab masuk sorga sorga bukan urusan main-main tetapi sangat serius. Oleh karena itu harus diusahakan dan diperjuangkan mati-matian, karena ini menentukan kehidupan kekal kita nanti setelah kematian.
Firman Tuhan mengatakan, sorga tidak jauh dan tidak sulit di dapat. Yesus adalah Juruselamat dunia, Ia yang menghapus dosa dunia. Dan Yesus itu sudah datang ke dalam dunia ada dekat dengan kita manusia, sehingga asal percaya dan beriman kepada Yesus ada jaminan kepastian KESELAMATAN. Ini berita yang Yesus sampaikan kepada manusia ketika Ia datang ke dalam dunia ini. Tinggal kita memutuskan untuk percaya kepadaNya.

N.
Kehadiraan Mesias di tengah bangsa Israel ternyata tidak pernah disadari oleh orang-orang Yahudi. Mereka masih menantikan kedatangan Mesias sampai hari ini. Kematian Yohanes pembaptis membuat banyak orang menjadi bersedih dan putus asa karena dia dianggap nabi dari Allah; dalam situasi seperti itu Yesus tampil dan menyerukan berita keselamatan “bertobatlah sebab kerajaan sorga sudah dekat”. Kerajaan sorga sudah dekat karena ada di dalam diri-Nya, tapi sayang sekali berita itu dianggap angin lalu. Berita itu harus tetap kita beritakan karena Yesus tidak pernah jauh, Dia ada dihati setiap orang percaya.

O.
Bertobatlah sebab kerajaan surga sudah dekat adalah berita utama dari pelayanan Yohanes pembaptis. Yohanes pembaptis dengan suara keras tegas dan lantang menyerukan berita pertobatan pada segala lapisan orang pada waktu itu. Pada waktu itu, masyarakatnya hidup dalam kegelapan. Ia mencela kejahatan raja Herodes karena kawin tidak sah dengan adik iparnya dan kejahatan lainnya. Ia menegur pemimpin agama yang melakukan agama secara formalitas saja. Ia mengutuki masyarakat yang hidupnya tanpa ingatan pada Tuhan. Akibat teguran yang keras ini, Yohanes pembabtis dianggap menghina raja Herodes. Keberaniannya ini membawa dia masuk penjara dan kepalanya dipenggal. Setelah itu, Tuhan Yesus masuk ke arena dan memulai tugasnya. Berita yang sama (bertobatlah karena...... ) disampaikan lagi oleh Tuhan Yesus. Suara kebenaran tidak bisa dihentikan oleh siapa pun, sebab suara kebenaran adalah suara Allah atau Firman yang kekal. Di balik teguran yang keras ini terletak kasih yang dalam kepada umat manusia yang berdosa, agar mereka berpaling dari jalan yang sesat dan tidak binasa karen kerjaan Allah atau pemerintahan Allah sudah masuk ke dalam dunia melalui pribadi Yesus.

P.
Kerajaan atau Pemerintahan Allah atas bangsa terpilih dan melalui dia atas dunia seluruhnya merupakan pokok utama dalam pewartaan Yesus, sebagaimana juga dicita-citakan oleh teokrasi Perjanjian Lama. Kerajaan Allah itu melingkupi suatu "kerajaan orang kudus", yang rajanya ialah Allah, oleh karena kekuasaan serta pemerintahannya sebagai raja benar-benar diakui oleh mereka berdasarkan pengetahuan dan kasih. Kerajaan/ pemerintahan Allah itu telah dirongrong oleh pemberontakan ialah dosa, sehingga perlu dipulihkan oleh turun tangan Allah yang berdaulat serta MesiasNya, justru turun tangan itulah yang diwartakan oleh Yohanes Pembaptis dahulu dan sekarang oleh Yesus sebagai sesuatu yang di ambang pintu. Yesus sendiri mewujudkan turun tangan itu bukanlah melalui suatu kemenangan layaknya seorang pejuang atau melalui kemenangan nasionalis sebagaimana diharapkan orang banyak, melainkan dengan cara yang rohani belaka, sebagai "Anak Manusia" dan "Hamba Tuhan", melalui karya penebusan yang merenggut manusia dari genggaman dan kekuasaan musuh.