Jumat, 07 Oktober 2011

Sehati Dlm Harmoni (Flp 2:1-4)

SEHATI DALAM HARMONI
(Filipi 2:1-4)
A
Tujuan :
• Jemaat memahami harmoni suami-istri membawa berkat bagi pelayanan misi
• Jemaat memiliki arah kehidupan keluarga yang baik dan menjadi berkat
Harmoni menurut kamus bahasa Indonesia :
nomina (n)
• pernyataan rasa, aksi, gagasan, danminat; keselarasan; keserasian (nomina)
Contoh:
harusada ~ antarairamadangerak;
harmoni [THESAURUS]
harmoninkeseimbangan, kepaduan, keselarasan, kesesuaian, keteraturan, ketertiban, simetri
harmoni [KAMUS GLOBAL]
harmoniousks. rukun, seia-sekata. h. relationship hubungan yang rukun.
harmony kb. (j.-nies) keselarasan, keserasian, kesesuaian, kecocokan, kerukunan.
inharmoniousks. tidakselaras/seimbang/cocok.

Hal yang selalu berbalas-balasan
• Jalan, kaki kiri lalu kanan, itu namanya jalan, ada harmoni
• Sepatu, kiri dan kanan, beda tapi melengkapi
• Kejapan mata, selalu bersamaan, jarang yang sebelah –kecuali ada kelainan-, dan ia pun terpejam bersama
Demikian pula dalam kehidupan berkeluarga, suami istri adalah saling melengkapi satu dengan yang lain, menjadi satu keserasian, keselarasan dan berpadu, untuk mencapai satu tujuan. Dan dalam keluarga Kristen, maka panggilannya adalah menjadi keluarga yang memberkati dunianya.
Sebagai suami istri yang membentuk suatu keluarta, maka keberadaan suatu keluarga, akan memberikan dampak pada kehidupan sekitarnya;
Mengutip catatan yang diberikan oleh ; Ev. HarbiantoSTh(8 Oktober 2010, khotbah 10 Okt)
PBB mencanangkan tahun 1994 sabagai tahun keluargainternasional, dandilanjutkandlmdekadeselanjutnya, thn 2004. Covvi Annan:” keluarga yang kokoh adalah cara afektif utk mengatasi kejahatan, ketidakadilan sosial, penyalahgunaan obat2an dan alkohol, kenakalan remaja, aborsi, KDRT, perceraian, perzinahan, dan pelanggaran HAM. Ironissekali! PBB ygmeyuarakanmasalahinikpdduniadanpemerintah, spy keluargamenanamkanpengajarandannilairohani. Bagaimana suara gereja? David Stoop & James MastellerdlmBuku Family System:“Panggilanutama keluarga kristen di zamanini, harus menjadisekolahAlkitab, pusatmisi, tempat pertemuan dengan Allah bagi semua anggota keluargadanmasyarakat.

Kehidupan keluarga, dan orang tua yang solid, dan harmoni, dan memiliki panggilan yang jelas akan keberadaan mereka sebagai suami istri, dan sebagai orang tua, akan berpengaruh luar biasa

Rasul Paulus menekankan karya Kristus dan keberadaanNya di tengah-tengah kehidupan orang percaya seharusnya memberikan dampak (Filipi 2:1)
Php2:1JadikarenadalamKristusadanasihat, adapenghiburankasih, adapersekutuanRoh, adakasihmesradanbelaskasihan,
Bahwa di dalam Tuhan Yesus Kristus, akan memimpin suatu kehidupan yang memberikan;
• Nasihat (artinya ada kepedulian, perhatian)
• Penghiburan kasih (empati, pendampingan)
• Persekutuan Roh (bersama-sama mengalami kedalaman hubungan dengan Tuhan)
• Kasih mesra
• Belas kasihan
Bagaimana kehidupan seperti itu dapat terjadi? Dimana dalam kehidupan dunia sekarang ini, suami istri dan keluarga hidup banyak dalam perpecahan, dan banyak pasangan yang memilih bercerai daripada berjuang untuk memulihkan hubungan, dan banyak pasangan mengatakan kalau diberi kesempatan hidup yang kedua kali, maka mereka tidak memilih pasangan mereka yang lama.

Kunci keharmonisan dapat terjadi adalah
(1) di dalam Kristus dan memiliki visi-Nya, bagi Pemberitaan Injil
Dan kepada jemaat di Filipi, Rasul Paulus menekankan agar mereka memiliki kesehatian dan satu Roh bagi pekerjaan Kristus, bagi pemberitaan Injil Filp 1:27; 2:5, 20, 21
Harus dimulai dari Kristus dahulu, dengan Tuhan Yesus hadir sebagai Tuhan dalam hidup dan kepala rumah tangga, maka akan memimpin keluarga tersebut mengerjakan apa yang seharusnya menjadi panggilan mereka; baik sebagai suami, istri, orang tua, anak
(2) Memiliki hati dan pikiran yang sama dalam membentuk dan membangun keluarga, dan hubungan suami istri, orang tua dan anak, (Flp 2:2)
Banyak keluarga membangun keluarganya berdasarkan asumsi dan pandangan yang ada dari keluarga asal, teman, dan lingkungan, dan lupa bahwa mereka harus menaruh ide berkeluarga di dalam Tuhan, baik membangun hubungan suami istri maupun mengasuh anak-anak
Ada kemauan dan keberanian untuk mengubah mind sets, masuk ke dalam konsep alkitabiah

(3) Tidak mementingkan diri, tapi memberi bagi yang lain (Flp 2:3)
Menjadi pasangan yang memberi diri, dan tidak mengutamakan diri, mampu melengkapi satu dengan yang lain, dan menerima kekurangan yang lain. Hal ini terjadi karena buah-buah Roh memimpin kehidupan kita.

B
Dasar kesatuan keluarga adalah:
Kej 2:8, esensi Allah menciptakan suami isteri menunjukkan mereka tidak bisa hidup sendiri.
Kej 2:23, laki dan perempuan tidak dapat dipisahkan. Menciptakan sebuah kesempurnaan.
Keluarga mendasarkan bukan kepada manusia sebagai makhluk social, tetapi didasarkan pada Kristus. Dimana terdapat nilai2 pengorbanan dan tidak ada pementingan diri sendiri.

C
Bagaimana kepelbagaian itu bisa diserasikan:
Tentu saja harus ada kerendahan hati.
Harus ada ketaatan di dalamnya.
Penundukan diri yang harus dilakukan dihadapan Tuhan

D
Bagaimana menciptakan gambaran keluarga Kristen yg harmonis:
-Diawali hidup di dalam Kristus, menjadi dasar fondasi keluarga (ay. 5). Karakter Kristus menjadi model keluarga Kristen, dimana ada kerendahan hati, saling melengkapi di dlm perbedaan
-Memiliki satu tujuan. Kepala keluarga berperan penting membawa keluarga memiliki satu tujuan (ay. 2)

E
Ayat kunci terdapat pada ayat 5. Dalam hidup bersama kita harus menaruh pikiran dan perasaan Kristus dalam diri kita masing-masing, maka dalam kehidupan bersama keharmonisan bisa tercapai.

F
Sehati, sepikir harus diperjuangkan.
Suami dan isteri harus mengalami kepenuhan di dalam Kristus untuk mencapai satu tujuan.

G
Semua orang mengambil bagian di dalam menjaga kesatuan.
Saling merendahkan diri.

H
Fondasi sehati harmoni terletak pada ayat 1 dan 5.
Kristus menjadi teladan:
Merendahkan diri (ay. 7) dan pengorbanan (ay. 8)

I
Relasi keluarga harus dibangun di atas dasar kehendak Allah,menghadirkan kasih dan iman
Ayat 5 menjadi keypoint dimana keluarga harus memiliki pikiran Kristus, hubungan yang benar dengan Tuhan.

J
Kerhmonisan rumah tangga tidak mungkin datang dengan sendirinya, harus diupayakan dengan serius oleh setiap anggota keluarga. suami memiliki peran yang sangat penting untuk membangun dan menciptakan keharmonisan keluarga sebab ia adalah kepala keluarga yang menentukan kemana arah tujuan rumah tangganya. Tetapi sayang banyak suami yang kurang mengerti dan memahami fungsi dan perannya di dalam keluarga, sebagian besar mereka beranggapan bahwa keharmonisan keluarga akan datang dengan sendirinya asal punya uang banyak untuk mencukupi kebutuhan keluarga. ternyata masalahnya tidak sesederhana itu, banyak hal yang harus diperjuangkan serta diusahakan supaya tercipta keharmonisan keluarga. apa peran itu?
1. Suami harus menjadi iman dalam keluarga.
2. Suami harus menjalankan perannya menjadi kepala keluarga dan pemimpin bagi istri dan anak-anaknya.
3. Suami harus menjalankan peran ayah yang baik bagi anak-anaknya.
Paling tidak hal ini yang harus diupayakan serta menjadi pergumulan para suami untuk membuat rumah tanggannya harmonis dan bahagia.

K
Pria dan wanita diciptakan oleh Allah memiliki keperbedaan yang besar, tetapi Allah ingin mempersatukan dua insane yang berbeda ini dalam satu lembaga kudus yaitu pernikahan. Allah menghendaki laki-laki dan wanita bersatu dalam satu ikatan kudus serta dan keharmonisan yang bisa tercipta dari keperbedaan yang mereka miliki. Untuk menyatukan perbedaan ini perlu diusahakan atau diperjuangkan oleh suami dan istri tentu saja melibatkan Allah sebagai kepala keluarga yang akan memimpin dan membimbing suami istri dalam hidup berumah tangga.