Kamis, 25 Juni 2009

PENTAKOSTA

PENTAKOSTA
Kis 2:1-13
Pembahasan Firman Tuhan
Hamba Tuhan Pooling Jakarta
Kams , 28 Mei 2009
Hari Pentakosta di sini adalah hari Pentakosta dalam PL, yaitu hari ke 50 setelah paskah / Passover / hari bebasnya bangsa Israel dari bangsa Mesir.
Selain itu, Pentakosta PL juga bisa diartikan sebagai hari pemberian hukum taurat dan hari syukur panen gandum (Im. 23:17).
Sedangkan Pentakosta PB menekankan:
a. Orang Pentakosta selalu menekankan bahasa Roh. Tapi, sebenarnya bukan hal itu yang ditekankan, tapi PI nya. RK diberikan supaya mereka bisa memberitakan injil (Kis. 1:8).

b. Semua ini terjadi di Yerusalem. Mengapa Yerusalem? Mengapa pada kontex masa hari Pentakosta? John Calvin berkata karena memang pada masa itu, semua orang Yahudi berkumpul di Yerusalem, bahkan juga dari Negara-negara lain (2:5).

c. Ada bahasa Roh. Mengapa harus ada bahasa Roh? Karena, semua orang Yahudi itu memiliki bahasanya masing-masing. Perbedaan bahasa itu, tentu menjadi kendala dalam PI. Kalau PI hanya diberitakan dalam 1 bahasa, maka itu berarti bahwa PI hanya untuk 1 bangsa. Allah mau PI untuk semua orang, maka Allah menghancurkan kendala bahasa ini. Jadi, injil tak bisa dihalangi dengan kendala bahasa, karena panggilan Allah juga untuk bangsa non Yahudi.

d. Mabuk anggur manis. Dalam PI selalu ada reaksi negative. Orang tak hanya menolak injil, tapi juga mengejek. Itu juga berimplikasi, setelah ada mujizatpun, tetap ada orang yang tak bertobat.

Penerapan: Kalau ada RK dalam hidup kita, pasti ada kerinduan yang dalam untuk PI, yaitu membagikan keselamatan yang telah kita terima.

Pentakost = pencurahan RK adalah penggenapan janji TY sebelum disalib (Yoh. 16:7).
Pencurahan RK bukan berarti RK baru ada dan bekerja sejak hari itu, karena RK sudah ada sejak PL.
Pencurahan RK berhubungan dengan kelanjutan karya keselamatan TY yang sudah digenapi-Nya melalui salib.
Hari itu secara resmi, gereja Kristus secara resmi, konkrit dan korporat berdiri.
Ada yang mengatakan bahwa ini adalah sejarah / lembaran gereja baru, dengan 1 peralihan, yang tadinya penyembahan adalah ritual Yahudi, sekarang penyembahan kepada Allah dalam TYK.
Ada perubahan yang mendasar, yaitu:
a. Berita pengampunan dosa harus diberitakan pada bangsa-bangsa. Berita dibawa ke mana-mana ke seluruh duni. Dari sentripetal menjadi sentrifugal.

b. Terjadi suatu communion. Yang tadinya bangsa saling mencurigai / bermusuhan, semua dilenyapkan oleh kuasa RK.

c. Sejak Pentakosta, perbuatan Allah yang besar terjadi secara simultan didemonstrasikan di seluruh dunia oleh orang percaya. John Wesley berkata, “The world is my parish.”

Pentakosta adalah hari raya terbesar ke 2 dalam penanggalan Yahudi.
Pentakosta juga merupakan penggenapan janji Allah (Yl 2:28-29).
Tanda tiupan angin keras dan lidah seperti nyala api adalah tanda Allah hadir dan bertindak dengan cara yang luar biasa.
Api melambangkan penyucian dan pemisahan orang percaya kepada Allah bagi pekerjaan memuliakan Kristus.
Murid-murid diperlengkapi dengan kuasa dari tempat tinggi, menyanggupkan mereka untuk bersaksi bagi Kristus.
Tanda orang yang dipenuhi RK, ia memiliki kerinduan untuk menyelamatkan semua orang dari tiap bangsa.

Kasih Allah kepada manusia sangat besar karena saat manusia jatuh dalam dosa Tuhan memberikan Juru selamat, Allah memberikan apa yang dibutuhkan manusia, dengan cara datang ke dunia dalam diri Yesus dan mati disalib.
Kasih Allah juga nyata, karena saat manusia membutuhkan penyertaan / penghiburan / penolong / kekuatan, Allah mencurahkan Roh Kudus. Pencurahan RK adalah momen yang sangat penting dan berharga bagi orang percaya.

Peran Roh Kudus:
1. memimpin manusia pada jalan benar. Itu sebabnya disebut Roh kebenaran,

2. Roh Kudus selalu memberikan pertolongan dan penghiburan dalm hidup orang percaya (Roh Penolong dan Roh Penghibur Yoh 14: 16; 15 :26.

3. Memberi kuasa dalam Pengijilan menggerakkan / mendorong / memberi kuasa / dan memberi semangat.
Dan terbukti, setelah Pentakosta, para murid bergerak untuk PI dan 3000 orang bertobat.

Hari Pentakosta adalah kegenapan rencana Allah. Nubuat nabi Yoel sudah digenapi. Yeh. 36:26-27, dst, Tuhan berjanji memberikan Roh, supaya mereka taat.
Hal itu juga dikumandangkan oleh ke 4 injil melalui Yohanes Pembatis Mat. 3:11, Mrk. 1:8, Luk. 3:16; Yoh. 1:33.
Yesus sendiri juga menegaskan bahwa Roh Kudus akan keluar dari Diri-Nya dan Bapa (Yoh. 15:26). Dan Yesusu memberikan janji kalau Roh Kudus turun akan memberikan mereka kuasa dalam Penginjilan Kis 1:8
Pekerjaan RK dalam PL “tidak permanent”. Contoh waktu Daud berdosa, maka ia berdoa agar Roh jangan diambil dari pada-Nya (Mzm 51:13).
Tapi setelah Pentakosta, RK bekerja secara permanent.
Sebelumnya, hal mengenai Pentakosta ini, murid-murid masih tidak mengerti / tidak tertarik, sehingga masih memikirkan mengenai kerajaan Isreal (Kis. 1:6-7).
Hari Pentakosta adalah hari mulainya gereja. Pencurahan Roh Kudus di tandai dengan lahirnya Gereja atau di proklamirkannya gereja .
Dimulai dengan bahasa Roh. Ada 2 macam bahasa Roh:
a. Bahasa yang ada dalam dunia, sehingga langsung dapat dimengerti oleh pendengarnya, (contoh seseorang tidak mampu berbahsa tertentu tapi Roh Kudus memampukan dia. Kis 2
:
b. Bahasa yang tak ada dalam dunia, dan harus ditafsirkan. 1Kor 12 & 14

c. Roh Kudus memberikan kuasa memulai gereja dan Penginjilan . Petrus orang sederhana, tapi dipakai dengan luar biasa. Itu bukan karena Petrus, tapi karena Roh Kudus sehingga ada 3000 orang bertobat.
Aplikasi: Supaya jemaat meminta kuasa Roh Kudus untuk kebangunan gereja dan semangat Pengijilan.

Roh Kudus turun ada:
a. Kebangunan rohani.
Yang berdosa bertobat.
Yang takut berani.
Yang lemah dikuatkan.
Yang malas dikobarkan.

b. Kebangunan doa.
Semua yang bertobat berdoa.
Selalu diawali dengan doa, ditopang dengan doa dan diteruskan dengan doa.
Para rasul berdoa, jemaat juga.
Semua orang yang sudah bertobat ikut berdoa.
Banyak gereja yang doanya lemah.

c. Kebangunan persatuan.
Bersatu / bersama dari kata Yunani “Epi” (= upon, v 44). Dapat diartikan = meletakkan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri.

Pembahasan Firman Tuhan
Hamba Tuhan Pooling Bandung
Jum’at , 29 Mei 2009

Ternyata turunnya RK itu memberikan:
1. Kehidupan baru, pengampunan, pemulihan dan pembaharuan, perlindungan.(kesempatan yang ke 2)
2. RK memberikan keberanian, 1 lawan banyak, à I Raja 22, ada 400 nabi menubuatkan berbeda dengan Micha, ia sendiri melawan apa yang di katakan oleh nabi2 yang lain.
3. Memberikan kemampuan, menjadikan mausia itu berguna, berkreatifitas, karena kita diminta untuk melengkapi orang2 kudus. I Kor 14 kita harus membangun; lukas 6 mengampuni agar kita diampuni, beri akan diberi.

Peristiwa turunya RK ini menjadi peristiwa yg sgt penting untuk di kenal:
1. RK diucurahkan untuk memetraikan janji Tuhan setelah Kristus naik ke sorga
2. Babak ini memberitahukan bahwa wkt RK turun terjadi banyak tanda yang terjadi.
3. Peristiwa ini : a. RK diberikan untuk memberitakan Injil
b. supaya gereja dan orang Kristen tahu bahwa mereka tidak sendiri, dan kuasa itu selalu menyertai mereka.

Mengingatkan kita peristiwa Babel ketika Allah mencerai beraikan manusia, bahwa perosalannya adalah bahasa. Dalam hari pentakosta walaupun bahasa mereka berbeda tetapi ada spirit yang menyatukan. Bahasa adalah sesuatu yang paling mengidentifikasikan suatu keragaman manusia. Lewat hari Pentakosta, RK berkata bahwa Injil itu adalah sesuatu yang universal. Dari awal sudah ditekankan bahwa injil adalah suatu yang universal dalam keanekaragaman.

Tenses auris, sebuah kejadian yang hanya 1 kali, tetapi dampaknya berlanjut sampai sekarang. Peristiwa turunnya RK hanya sekali memberikan dampak sampai hari ini.
Kisah 2, memberikan penjelasan bahwa mereka mengerti bahasa yang berbeda itu . I Kor 12 ; 14. Ini bahasa roh yg perlu penerjemah, dan tidak dilakukan oleh banyak orang. Bila tidak ada yang mengerti, sebaiknya menahan diri.

Dalam hari turunnya RK adalah penggenapan janji Tuhan dari dalam kitab nabi Yoel. Hari-hari itu adalah orang-orang khusus yang mengalami penggenapan janji Allah. Roma 8:15. Janji yang indah, menopang, memberanikan PI, kehadiran Allah bagi orang percaya.

Itu adalah yang ke lima puluh. Suatu event yg sgt penting:
1. Menandakan mulainya era gereja.
2. Penggenapan janji Tuhan, yoh 14:16-17. Kis 1:8.
3. Sumber kuasa untuk memberitakan Injil. Kis 2:12-14; 41 sebagai mana Petrus yg berani memberitakan Injil. Dari mana kekuatan, kuasa itu? Karena mereka dipenuhi RK. Yoh 16:8 – ketika RK turun akan menginsyafkan dunia akan dosanya.

Power to move and action. Kamu menerima kuasa dst... kalau RK turun atas kamu. Hsilnya à kuwalitas hidup yang dinamis, dan berkobar untuk melayani Tuhan baik untuk gereja Tuhan maupun bagi dirinya sendiri.

Kata pentakosta berasal dari bahasa Yunani (Greek). Pentakosta atau Pantekosta adalah suatu pesta yang umat Kristen warisi dari bangsa Yahudi yang pada jaman perjanjian Lama merayakan Panen. Kata Pentakosta itu berasal dari kata Yunani (Greek) Pentékosté yang berarti "kelima-puluh,"

DAMPAK PERISTIWA TURUNNYA ROH KUDUS:
1. Berita yang disampaikan, yang diucapkan adalah tentang perbuatan-perbuatan Allah. (Kisah 2:12)
2. Firman Tuhan di beritakan dengan penuh kuasa otoritas dari Allah. Bila kuasa Roh Kudus mengurapi dan ada pada setiap orang yang memberitakan kebenaran itu, bukan orang tersebut yang akan menyentuh akal budi dan hati yang mendengarkannya tetapi Roh Kudus itu sendiri yang akan berkarya.
3. Orang-orang yang mendengar juga mengalami jamahan. lawatan, urapan dari kuasa Roh Tuhan, maka dalam setiap curahan kuasa Roh Kudus, bukan hanya pengkhotbah yang perlu dipenuhi dan diurapi, tetapi juga para pendengar.

Bersyukur bahwa turunnya RK ini adalah suatu peristiwa syukur panen. Dalam konteks inilah minyak, air, angin, merpati, anggur, api.
Angin yang bertiup. Strong wind, yang membawa suatu tenaga yang kuat sekali, memenuhi setiap sudut dimana mereka duduk, pada saat itulah mereka diurapi. Sekali untuk selamanya, dan sekali saja. Dengan demikian kita bersatu dalam Kristus. Baptisan itu hanya sekali untuk gereja dan berlaku sepanjang sejarah. Ini yg dikatakan oleh Paulus kita minum satu cawan. Pada peristiwa ini mereka bukan hanya dibaptis, dipenuhi, tetapi mereka dicurahi RK, memberikan kekuatan, yg lemah jadi kuat, takut jadi berani, dst suatu perubahan yang mengubah mereka. Dibaptis, dicurahi dan dipenuhi oleh Roh Kudus. Paulus mengatakan bahwa ini sekali terjadi dan terus berlangsung, dan juga sewaktu2 ada pernyataan khusus dari pencurahan Roh untuk bermisi dalam misi pelayanan dan dipenuhi Roh merupakan yang menerus sesuai dengan (Efesus 5:18):
1. Setiap orang harus komitment untuk hidup terus menerus dan setiap saat di bawah pimpinan Roh Kudus.Jangan mabuk, krn pemabuk dikuasai alkohol, tetapi dikuasai RK, dipimpin oleh Roh Kudus.
2. Bahasa lidah I Kor 12 ; Paulus berkata ia tidak menggunakan bahasa lidah itu, karena tidak membangun orang lain, jadi itu adalah bahasa antara pribadi dengan Allah. Menurut I Kor 12. Dan merupakan daftar terakhir dari semua karunia yang tertulis yang mudah ditiru dan dipalsukan.
3. Orang yang berbahasa lidah dalam kebaktian harus ada penterjemahnya. Bukan soal bahasanya, tetapi yang penting adalah menyebabkan orang bisa bertobat. Dan yang penting bukan bahasanya tetapi buah.
- Live strating, empowering, influensing.
- RK datang supaya kita bersaksi, dilahirkan baru, menunjukkan pertobatan dan kesalehan. Ia menyertai, memetraikan, memimpin, membuat kita berbuah, menjelaskan kebenaran, mengingatkan kita kembali akan kebenaran, mendorong kita berdoa, membawa kedlm pujian, melayani Tuhan. Paracletos, bagaikan bisikan teman dekat, ajaran bapak kepada anak, kekasih menyatakan cinta, pembela yang memberikan pembelaan, kaya yg mencukupi segala kebutuhan, hakim yang membebaskan, penghibur bagi yang berduka.
Suplement penting:
- Berdoa sendiri di tempat sunyi, ini karena Tuhan memang ada di dalam hati kita masing-masing.
- Berdoa bersama-sama maka Allah hadir ditengah-tengah mereka.karena Tuhan Yesus sendiri berkata dimana 2-3 orang berkumpul dan bersehati, maka Allah berkenan hadir ditengah-tengah mereka.
- Penting sekali membuat sebuah kebaktian menjadi sebuah paket yang dikemasi sedemikian rupa dengan maksimal agar kebaktian itu menjadi sebuah keutuhan yang menghadirkan kuasa Roh Kudus.
- Jika ada orang yang berbahasa lidah, dalam kebaktian yang berlangsung, tetapi tidak ada penerjemahnya, maka ia harus di hentikan.