Jumat, 10 Oktober 2008

MENJADI KELUARGA YANG TERPANDANG

Pembahasan 10 Oktober 2008
MENJADI KELUARGA YANG TERPANDANG (Mazm. 128)


§ Kunci utama dari menjadi keluarga terpandang dari mzm. Ini adalah:
- Melihat kepada kepala keluarganya, yaitu memiliki suami yang takut akan Tuhan. Ini akan mengantar suami kepada perspektif teisme, menutamakan Tuhan di atas segala-segalanya.
- Mzm. 127, Semuanya juga oleh karena Tuhan, karena Dialah yang memberikan kelimpahan sesuasi dengan anugerah-Nya. Manusia dapat membangun gedung rumah (house), tetapi hanya Tuhan yang dapat membangu home, yaitu suasana. Home sweet home hanya Tuhan yang dapat membangunnya.
- Suami sebagai pelopor utama Dialah yang harus membangun keluarganya. Dengan ini akan ada 3 berkat yang membuat keluarga ini menjadi terpandang:
Ada jalan hidup Tuhan yang diambil. Semacam peta Tuhan, yaitu firman Tuhan, di dalam hidup anggota keluarga
Adanya berkat di dalam pekerjaan. Menunjukkan kepada jerih payah tangan dan Tuhan yang memberikari. Ora et labora
Ada keakraban anggota keluarga. Istri seperti pohon anggur yang subur bukan hanya mengenai seksualitas, tetepi ada sukacita oleh kehadiran istrinya. Selanjutnya, tunas pohon zaitun, yang menunjukkan regenerasi dan harapan besar yang dimiliki oleh keluarga di masa depan.


1. Sebenarnya Mzm. 128 ini baik kalau kita perhatikan Mzm. 127 karena kedua Mzm ini memiliki orientasi keluarga Kristen yag terpandang. Di dalam Mzm 127 dikatakan jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah sia-sia usaha kita membangunnya. Keluarga terpandang itu seperti yang diungkapkan Yesus adalah mereka yang membangunnya di atas batu karang. Membangun home bukan hanya house. Dasar keluarga apa? Kejayaan, pretise, gelar atau takut akan Tuhan?
2. Persoalan keluarga yang terpandang itu adalah how to manage a home. Banyak orang tidak tahu bagaimana mengelola keluarga. Masuk dalam sebauh keluarga yang terpandang akan terlihat bagaimana seorang kepada keluarga mengatur keluarga itu dalam hal kerohanian, pendidikan, keuangan, pergaulan. Ini suatu persoalan. Saat ini orientasi kepala keluarga Kristen adalah bisnis, sehingga sekalipun sukses secara keuangan tetapi memalukan di hadapan jemaat dan masyarakat.
3. Mengelola sebuah rumah tangga tidak seperti mengatur perusahaan.
4. Keluarga yang terpandang itu, ia mengalami penyertaan Tuhan sampai turun temurun. “Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Zion sehinga engkau melihat kebahagiaan Tuhan seumur hidupmu dan melihat anak-anakmu.” Tuhan memberikan janji yang luar biasa, yaitu kamu akan melihat kebahagiaan. Keluargara yang terpandang itu adalah keluarga yang menikmati kebahagiaan itu, walaupun tidak secara duniawi. “Dia akan menikmati hasil usahanya.” Dia nikmati apa yang dia miliki. Itulah keluarga terpandang.

§ Saya setuju dengan P.Tim bahwa kita mengaitkannya dnegan Mzm 127. Muller mengatakan bahwa ada banyak kesulitan di dalam Alkitab. Ada bapa yang baik menghasilkan anak yang jahat dan sebaliknya. Ini mengingatkan kita akan anugerah Tuhan. Kalau kita bisa menikmati itu adalah anugerah Tuhan.
Di dalam terjemahan yang lain takut akan Tuhan adalah orang yang mengagumi Tuhan.
- Kegagalan suami adalah menjadi imam di dalam keluarga. yang menjadi pahlawan adalah laki-laki. Kesulitan dan kegagalan gereja adalah gagal menjadikan suami sebagai pahlawan sebagai kepala keluarga. Ini order dan ketetapan Tuhan.
- Takut akan Tuhan seharusnya menjadi kunci segala sesuatu. Ay. 6. Kebahagiaan puncak keluarga adalah melihat anak cucu mereka menikmati kebahagiaan. Ada seorang anak yang ingin pergi ke California karena di sana ada temannya memiliki kakek yang sangat baik di sana

§ Penekanan Mzm. 128 ini kepada berkat:
Berkat itu didapat dengan takut akan Tuhan. Teologi sukses itu mengatakan “beriman.” Ini subjektif, tetapi takut akan Tuhan itu objektif
Berkat itu adalah kecukupan
Apa tujuan berkat? Anggur dan Zaitun itu adalah bahan pokok, yaitu suatu yang sangat penting bagi masyarakat. Sebenarnya berkat itu bukan untuk diri sendiri, tetapi kembali untuk menjadi berkat.

§ Tema Mzm 128 adalah Allah adalah kepada keluarga yang benar. Keluarga yang baik adalah upah yang Tuhan berikan kepada umat-Nya. Pelayanan, integritas dan doa adalah suatu yang harus kita persembahkan kepada-Nya. Mzm ini sering dinyanyikan di dalam upacara pernikahan Israel.
Pekerjaan mereka akan diberkati
Kehidupan keluarga diperkuat dan diberkati Tuhan
Komunitas juga diberkati
Keluarga yang kuat akan menghasilkan masyakarat yang kuat.
Apa yang menjadikan keluarga terpandang?
Takut akan Tuhan.
Hidup di dalam ketaatan kepada perintah Tuhan
Menghitung berkat Allah, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan rumah tangga.
Di tengah permasalahan ekonomi global Mzm. ini mengajak jemaat tidak lagi stres sehingga jemaat tetap teguh dan bersandar kepada Tuhan.


§ Ada suatu titik berat di dalam Mzm ini. Laki-laki adalah kunci. Keluarga terpandang sangat tergantung pada suami. Kepada keluarga memiliki tanggung jawab:
- Kerohanian atau iman yang baik. Ada hubungan pribadi dnegan Tuhan. Ini merupakan masalah karena banyak keluarga yang di mana kepada keluarga kurang memperhatikan masalah kerohanian, yaitu mereka tidak bisa bersaat teduh dan berdoa dengan tekun.
- Kepada keluarga harus memperhatikan rumah tangganya, yaitu mempunyai relasi dan komunikasi yang baruk dengan seisi keluarganya. Masalah hari ni seringkali ada cekcok. Ini karena kurang komunikasi. Mungkin ini masalah waktu.
- Tanggung jawab dari kepada keluarga. Seisi rumah harus melayani Tuhan. Berkat Tuhan dari melalui satu pribadi (suami) dan kepada komunitas. “Suapaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem.” Orang yang diberkati dipanggil untuk memberkati. Anak-anak juga harus melayani dan menjadi sakdi bagi Tuhan. Ini sering dilupakan dan melemparkannya kepada gereja (SM).

§ Pencerahan boleh dikatakan sebagai awal dari zaman modern. Tetapi terpisah dengan iman Kristiani. Dalam segi politik, ekonomi, sosial pencerahan sama sekali terpisah dengan Kekristenan. Masyarakat memisahkan diri dengan gereja maka masyarakat mengalami kemerosotan. Baru-baru ini saya membaca artikel tentang keluarga Amerika. Di antara dua pasang , satu bercerai. Di antara dua anak 1 anak lahir di luar nikah. Ini merupakan kekacauan di dalam moral dan keluarga. Firman Tuhan memberikan manfaat kepada kita. Mzm 128 memperlihatkan nilai-nilai keluarga. Di sini menyebutkan takut akan Tuhan dan hidup menurut jalannya. Ini merupakan fondasi dari keluarga. Kita bisa melihat suatu lambang keluarga yang diberkati:
Pohon anggur
Carang2 pohon zaitun

Ada tiga hal di dalam hal ini:
Ada urutan. Dikatakan istri di dalam rumahmu. Ini merupakan kebudayaan pada waktu itu, yaitu istri jarang keluar. Ini merupakan masalah pengajaran di dalam keluarga, menunjukkan istri ini sangat baik sekali. Menunjukkan komitmen istri kepada keluarga. Tuhan memberkati dengan istri seperti ini
Kekuatan. Di dalam keluarga zaman dulu semakin kuat dan ada kebanggaan. Mzm 127 menunjukkan bahwa anak-anak itu adalah pusaka dan berkat Tuhan. Kita mengasuh mereka itu pun adalah berkat Tuhan
Keharmonisan. Di dalam suatu keluarga yang besar tanpa pertolongan Tuhan pasti kacau balau. Keluarga yang kuat pasti jatuh dalam kesombongan. Di dalam Mzm ini keluarga besar dan jaya tetapi tidak menjadi sombong. Inilah berkat Tuhan dasar dari keluarga yang diberkati. Ini ada dua syarat:
Takut akan Tuhan
Hidup menurut jalan Tuhan

Andar Ismail di dalam sebuah bukunya mengatakan bahwa ribut itu berarti bertengkar dan rukun itu berarti damai. Kedua hal ini ada di dalam keluarga. Penulis buku mengatakan bahwa ini karena mereka saling mencintai. Ada sebuah cerita Yahudi. Ketika Tuhan sedang menciptakan, Hawa selalu mengomentari Tuhan. Tuhan tolong buat rambutku kriting, mata jangan belok, dsb. Adam berkata: jangan cerewet. Akhirnya Adam tidur dan diberikan istri sebagaimana adanya. Ada sebuah filsuf yang mengatakan bawha wanita diciptakan dari rusuk, untuk menjadi mitra sederajat, untuk dilindungi dan dicintai. Dalam kenyatannya, keluarga yang seperti itu sangat sulit. Di dalam Kompas dikatakan dari 1000 survei pasangan di Amerika, dikatakan bahwa mereka lebih suka tinggal dengan pets daripada dengan pasangan hidupnya. Pets itu rela didandani, tetapi pasangan selalu mengajak ribut. Menjadikan keluarga Kristen yang terpandangan itu adalah perjuangan seumur hidup.

§ Ada tiga hal
Keluarga adalah lembaga pertama dan Tuhan memberkatinya. Bdk. Dengan Syema Israel. Ini juga berfokus kepada kalurga di mana keluarga harus mengajarkan tentang pengenalan akan Tuhan. Ini adalah dasar yang utama (FA) dan peran ayah sebagai seorang imam adalah peran yang sangat menonjol di dalam Syema Israel.
Menciptakan “keluarga saling”. Keluarga tidak hanya sekumpulan individu yang terpisah dengan nama belakang yang sama. Keluarga adalah organisme. Prinsip utama daladm keluarga adalah “saling”. Saling menghormati, mengasihi, dsb. Ada peranan dan “saling” yang dibangun. Ini motivasi Allah ketika Ia menciptakan keluarga.
Saling>