Jumat, 19 September 2008

JERIH PAYAHMU TIDAK AKAN SIA-SIA

JERIH PAYAHMU TIDAK AKAN SIA-SIA
Filipi 1:3-11

§ Gereja filipi didirikan oleh paulus dengan teman2nya (Silas, Timotius, dan Lukas), pada perjalanan misi yang kedua sebagai tanggapan atas penglihatan paulus pada malam hari di Troas.
Kota filipi terkenal dengan tambang emas dan perak dan posisinya yang strategis menuju Eropa. Dan tema besar surat ini adalah “sukacita di dalam Kristus”. Ada 16x kata sukacita ditulis dalam surat ini dan yang mengesankan adalah surat ini ditulis dalam penjara oleh Paulus. Dan dalam situasi ini Paulus tetap mengarahkan hati jemaat pada sukacita dalam Kristus yang tak dapat direngut oleh siapapun dan keadaan apapun juga.
Pasal1:3-11 adalah ungkapan syukur dan doa Paulus kepada Allah.
Dasar dari ucapan syukur paulus setiap kali ia mengingat jemaat di filipi:
1. Karena jemaat setia memberitakan injil (1:5)
2. Bantuan yang diberikan oleh jemaat filipi bagi saudara2nya yang susah (1:7, 4:15-16) bandingkan dengan II Kor. 8:4-5;9:13)

Paulus bukan hanya bersyukur untuk kemitraan dalam pemberitaan injil, tetapi ia berdoa supaya jemaat
Yang diinginkan Paulus di filipi dapat maju dalam iman, isi doa Paulus:
1. kasih semakin melimpah dalam pengetahuan yang benar
2. menjaga kesucian dan tidak bercacat
3. penuh dengan buah kebenaran
Paulus menyadari untuk semakin maju dalam iman, kasih, dan pembneritaan Injil membutuhkan banyak pengorbanan bahkan penderitaan. Namun paulus yakin jemaat Fiipi sanggup menghadapi semuanya karena mereka sudah member diri terlebih dahulu kepada Allah. Allah yang sudah memulai akan menolong mereka dan segala jerih lelah mereka di dalam Tuhan tidak akan sia-sia

§ Didirikan oleh paulus pada perjalanan PI Ke 2à tujuannya:
1. Berterima kasih pada jemaat filipi
2. Memberikan khabar tentang dirinya
3. Mendorong jemaat maju dan bertumbuh

§ Apa yang harus dilakukan agar jerih payahmu tidak sia2 adalah:
1. Mempersembahkan seluruh hidup kita pada Allah (2Kor. 8:5)
Jemaat dicobai dengan berbagai macam penderitaan namun masih dapat melayani dan memberikan bantuan bagi sesama
Jhon Calvin: kita bukanlah milik kita sendiri, karena itu :1) rasio maupun kehendak harus ditundukan kepada FT; 2) kita harus berhenti mengejar keinginan daging, tetapi marilah kita hidup dan mati bagi Dia; 3) hendaklah hikmatNya dan kehendakNya menguasai seluruh perbuatan kita; 4) hendaklah setiap bagian dari eksistensi kita diarahkan kepada Dia sebagai satu-satunya sasaran; 5) Sasaran dari hidup baru adalah agar anak2 Allah mencerminkan melodi keadilan Allah dan harmoni antara ikebenaran Allah dan ketaatan kita.

2. Melibatkan diri dalam penginjilan (1:5)
Bagaimana mereka terlibat? Mendukung dana bagi penginjilan, baik bagi paulus ketika dipenjara maupun bagi jemaat yang kesusahan di Yerusalem.
Rupanya jemaat Filipi adalah gereja yang missioner yang ikut berkontribusi dalam mendukung misi paulus. Melibatkan diri bagi misi sangat menyenangkan hati Allah dan diterima Allah sebagai “persembahan yang harum” sebagai korban yg disukai dan berkenan kepada Allah (4:18)
Peter wagner menulis “penginjilan dunia adalah persoalan hidup dan mati dan kunci penginjilan dunia adalah mendengarkan Allah dan mentaati apa yg kita dengar”.

Filipi memberikan diri terlebih dahulu kepada Allah, maka Dia tidak akan pernah menyia-nyiakan mereka. Buah kebajikan dan kebenaran Allah dalam menyelamatkan jiwa melaui Injil, akan menjadi karya yg tidak sia-sia, karena Allah berkenan memberkatinya.

§ Motivasi yang murni à tujuan dalam melayani Tuhan. Ia sadar siapa Tuhannya dan siapa dirinya sebagai pelayan. Baginya hidup adalah Kristus. Jhon Stott: keutamaan Kristus adalah hal yang utama dalam pelayanan kepada Tuhan. Filipi 1:21 baginya segalanya adalah Kristus dimuliakan.

Memahami Konsep anugerah à apa saja yang dialaminya merupakan bagian dari anugerah. Termasuk keterlibatan jemaat Filipi.

Melayani dengan sukacita à ia menyerukan agar orang bersukacita. Bukan dari hati yang gembira tetapi bersumber dari kristus, karena bagi Paulus adalah sumber sukacitanya, alas an sukacitanya. Ia mendapatkan sukacita dalam seluruh peristiwa hidupnya sekalipun ia mengalami banyak penderitaaan, karena sukcaitanya bergantung penuh kepada Allah.

§ Berjerih lelah adalah ciri khas hidup orang Kristen
Jika ada Roh Kudus maka orang Kristen pasti berkarya
Roh Kudus akan menyadarkan tanggung jawab kita, yaitu tanggung jawab memuliakan Tuhan
Kalau kita lihat ada hasil, namun sebelum itu juga ada kesulitan dan tantangan
Orang2 kristen adalah orang2 yang rela berjerih payah bagi Injil dan bagi dunia ini.

§ Ada yang dibanggakan seseorang atas apa yang dia tahu. Tetapi paulus bangga karena karya Allah, dan Persekutuan dalam PI dengan jemaat Filipi.

§ Paulus berkata: hati dan usus Kristus adalah bagian dari seluruh hidupnya. Maka ia mengasihi, bersedih, bersukacita semua di dalam Kristus. Ia mempunyai hubungan dgn Kristus yang tidak terpisahkan. Ia mengatakan bahwa ia mengerjakan pekerjaan Kristus yang dipercayakan kepadanya, supaya ia dapat mengambil bagian di dalam penderitaan Kristus. Seperti yang terdapat dalam fsl 3. Ia meyelami seluruh pekerjaan Kristus. Seluruh keterlibatan jemaat filipi merupakan bagian dari pelayanan kepada Kristus. Ia mempunyai sukacita karena ia mendapatkan jemaat yang benar2 mengenal Kristus dan bertumbuh di dalam Kristus dan bisa membedakan apa yang benar dan apa yang salah. Hari Kristus berarti kita dapat memperhitungkan pahala sesuai dengan apa yang kita kerjakan bagi kristus. Jika kita berjerih payah dengan Kristus maka kita akan bahagia bersama Kristus. Ayat 11 à kita bersandar penuh Kristus Yesus, yang memelihara kita adalah Kristus yang pernah menjadi manusia. Yang bisa memelihara kita iman kita dan pelayanan kita sampai hari ini hanyalah Tuhan yang bisa melakukannya bagi kita.
Watchman nee: ketika plg kekampg halaman hok cia (byk yg merantau ke Indonesia dan mereka sangat kompak). Mereka adalah org cina pertama yg belajar bhs inggris.mereka pnya keunggulan: 1pintar bhs inggris dan 2 bhs mereka mirip dgn bhs perancis.
Dia ktm temannya dan bercerita bhw ia jd HT. temannya kasian karena hidupnya tidak punya apa2. Dia malamnya tidak bisa tidur. Ada bisikan dating padanya dan berkata kamu belum sampai rumah, pintu gerbang surga, jangan memikirkan hal seperti itu. Kita belum selesai bekerja bagi Tuhan dan tidak perlu memikirkan hal2 itu.

Punya gedung yang hebat baik, tapi jauh lebih baik dikelilingi rekan kerja, punya jemaat yang hebat. Satukali kita menjadi kawan, rekan maka sampai matipun kita tetap kawan dan rekan. Jagalah tenggang rasa satu dengan yang lain sampai kita bertemu dengan Tuhan. Petrus à kami telah menanggalkan segalanya dalam mengikuti Engkau, apa yang kami dapat. Tuhan Yesus berkata: di dunia dapat 100 kali lipat dan di surga dapat hidup kekal.