Jumat, 15 Agustus 2008

PEMULIHAN BANGSA

PEMULIHAN BANGSA

NEHEMIA 8:6-13

1. Ada 3 tahap pemulangan bangsa Israel dari pembuangan Babel, yaitu :

I. dipimpin Zerubabel & Yesua. Tahun 538 SM Ezra 2

II. dipimpin Ezra. Tahun 457 SM. Ezra 8

III. dipimpin Nehemia. Tahun 444 SM. Neh 2

Raja Persia yang berperanan besar :

  • Koresy (539-530 SM) memerintah selama 9 tahun yang mengijinkan bangsa Israel pulang,

  • Darius (522-486 SM) memerintah selama 36 tahun dimana Bait Allah dibangun,

  • Arthasasta (Arthaxerxes I Longimanus 465-424 SM) yang memerintah selama 41 tahun
    dimana Ezra dan Nehemia diutus ke Yerusalem.

Zerubabel, Ezra & Nehemia adalah 3 pemimpin yang dipakai Tuhan untuk memulai pemulihan bangsa rael menjadi bangsa yang besar sekembalinya mereka dari pembuangan 70 tahun di Babel.

Bait Allah dibangun, Firman Tuhan diberitakan & Tembok Yerusalem dibangun menjadi dasar dari pemulihan bangsa Israel menuju bangsa besar yang diperhitungkan dunia sampai hari ini.

Nehemia membangun tembok Yerusalem sebagai upaya memulihkan harkat Israel sebagai suatu bangsa yang kembali ketanahnya, hidup & bereksistensi.

Ezra membangun kerohanian bangsa Israel sebagai fondasi untuk kembali menjadi bangsa yang dipilih Tuhan.

Pemulihan bangsa dimulai oleh hati yang menangis, yang menyadari kemalangan didepan mata yang akan dialami oleh bangsa & negaranya.

Hal itu yang menjadi dasar menemukan visi Allah untuk membangun bangsanya dan mendapatkan kemampuan untuk melaksanakan strategi yang luas & menyeluruh (fisik & rohani – pembangunan tembok & ibadah) terhadap visi membangun bangsa yang besar.

Nehemia adalah pemimpin saleh dalam pemerintahan sebagai orang bijaksana, berprinsip, berani, integritas tidak bercela, iman yang kokoh, belas kasihan kepada yang tertindas, berbakat besar dalam kepemimpinan & organisasi.

Nehemia sebagai gubernur Yehuda tetap jujur, rendah hati, bebas dari keserakahan, mengorbankan diri, tidak bercela dalam kedudukan & kuasanya.

Nehemia adalah seorang pemimpin yang sangat mengandalkan doa, 11 x ia memanjatkan doa syafaat kepada Allah (1:4-11; 2:4; 4:4,9; 5:19; 6:9,14; 13:14,22,29,31). Ia seorang yang melaksanakan tugas2 yang tampaknya mustahil karena ketergantungan yang mutlak kepada Allah.

Doa, kerja keras, pengorbanan & kegigihan bekerja sama mewujudkan visi yang diberikan oleh Allah.

Pemulihan terjadi apabila :

  • Umat bersatu menyembah kepada Tuhan. 8: 6-7

  • Umat bersatu menyambut FT dengan benar. 8:9-10 ada pengakuan dosa & pertobatan

  • Umat bersatu untuk mengalami kebangunan rohani. 8:11-13 ada tekad dan komitmen
    melakukan FT.

2. Walaupun sdh tinggal di rumah dgn enak, mereka mencari sesuatu yg lebih penting. Setelah 13 th mereka tinggal di Yerusalem mereka mencari firman Tuhan. Pemulihan bangsa didasarkan pada pembacaan firman Tuhan, waktu dengar mereka menangis tanda respon yg baik. Nehemia adl juru minum raja, dekat dgn raja tapi dia lebih memikirkan apa yang Tuhan inginkan dia kerjakan bagi Yerusalem.

Nehemia mendpt tantangan membangun. Nehemia menyatakan jangan menangis: panggilan orang percaya adalah menikmati Tuhan.

Tidak banyak negara di dunia yang rakyatnya memperjuangkan bangsanya. Bangsa Israel yg pertama, yg kedua Jepang, yg ketiga China. Di Indonesia sendiri sedikit yg mencintai negeri ini. Org percaya waktu ditempatkan di negeri ini harus bersumbangsih. Tembok Berlin runtuh krn ada org percaya yg berjuang. Gereja harus memikirkan: Bagaimana mendorong jemaat terlibat real dalam politik.

3. WR Supratman anak Tuhan yg baik.Pengarang Indonesia Raya ada 3 ayat yg ketiga belum selesai, ayat kedua berbicara ttg Tuhan.

  1. Setiap org harus tahu bahwa Firman Tuhan dapat memulihkan bangsa. Sekolah Internasional banyak di Ind tetapi pendidikan tdk bisa pulihkan bangsa.

  2. Hanya Tuhan yg dapat kerjakan pemulihan sejati atas setiap org.

  3. Pemulihan dimulai dari diri masing2, keluarga dan gereja.

4. Berpikir positif walaupun banyak org bilang Ind sedang tenggelam. P Handy pernah membeli bibit pohon bagikan kepada tetangga dan supir supaya ada penghijauan. Sekarang ini banyak selebritis jadi politikus, bahkan paranormal seperti Ki Gendeng Pamungkas mencalonkan diri jadi walikota Bogor.

5. Cerita mengenai karya Allah dlm pembuangan di Babel. Ada hukuman dan ada berkat. Mengapa Israel harus dibuang 70 th? Krn mereka hidup menurut apa yg mereka anggap baik, menurut kebenaran mereka masing2. Tahap pertama pulang untuk bangun bait Allah, pemulangan kedua untuk reformasi kerohanian, tahap ketiga untuk membangun tembok Israel.

Pasal 8 berbicara soal reformasi bangsa Israel.

Bgmana supaya dipulihkan?

  1. Hidup mengutamakan firman Tuhan., ini adalah Kebangunan Rohani yang besar di PL

  2. Kebangunan Rohani hanya datang dari Firman Tuhan dan ada usaha yg tekun untuk memahami Firman Tuhan.

  3. BDLB, Baca Dengar ukan Bagikan Firman Tuhan setiap hari.

Perikop ini menceritakan waktu mendengar teguran FT mereka sedih menangis. Imamat 25 dan Ulangan 28 berbicara ketidaktaatan dan ketaatan. Tangisan dan pertobatan adalah tanda pertobatan yang dibuat Roh Kudus. Berbalik dari dosa. Ada keinginan sungguh2 untuk taat menghasilkan sukacita sejati.

  1. Pemulihan dan kebenaran. Sumber kebenaran sbg proses pemulihan

  2. Pemulihan dan perubahan. Paradigma yg harus diubah dalam perubahan tingkah laku.

  3. Pemulihan dan berkat Tuhan. Ada peranan Firman Tuhan, juga orang2 yg dipakai Tuhan untuk
    pemulihan.

6. Nehemia dan Ezra menjadi soko guru. Revival terjadi
waktu umat kembali kepada Taurat. Bapa gereja menyatakan sola scriptura: vital
spy tdk terjadi kesesatan.

3 niatan untk bisa dipulihkan:

1. Mau mendengar, 2. Mau diajar, 3. Mau mengerti Firman Tuhan.

7. Pemulihan bangsa ditentukan pemimpin politik dan pemimpin rohani. Kejatuhan bangsa Israel juga terjadi karena pemimpin telah jauh dari Tuhan. Pemimpin harus memperbaharui diri di hadapan Tuhan. Bgmana menjadikan firman hidup dalam kehidupan kita? Jika hidup ada tangisan di dalam sukacita waktu menerima FT. Ini terjadi pada umat Israel. Pemulihan bangsa perlu dari pemimpin hingga rakyat.

8. Memory, history and forgetting. Tdk ada bangsa yg kuat dalam kekuatan akar sejarah, akar budaya dan akar agama yg menyatu dalam kehidupan seperti Bangsa Israel. Pembuangan 70 th tidak membuang bangsa ini. Nehemia dikelompokkan dlm kitab sejarah. Nehemia kembali pada sejarah yg mendasari kehidupan bangsa ini yaitu sejarah Allah yg membebaskan, memimpin, memberikan taurat, mengalami kesusahan dan mengalami kelepasan. Mereka menangis, sejak jaman Yosua tdk ada perayaan tabernakel.

17 Agustus adalah sejarah. Bangsa ini mau melupakan sejarah, founding fathers yg meletakkan Pancasila sbg dasar akhir2 ini banyak suara ingin menggantikannya. Sejarah kita amburadul, jaman orba banyak catatan sejarah yg tdk tepat.

9. Pemulihan

Yg perlu dipulihkan yg pernah ada dan dimiliki: kejayaan, kebanggaan, kesalehan, kesatuan, kekuatan, ketenangan, kesukaan, kemuliaan. Bangsa ini adalah pilihan Tuhan ada kerja sama antara eksektif, legislatif agama budaya ingin memulihkan. Waktu 13 org berdiri di tengah perayaan itu yg berdiri di tengah adalah Ezra krn dia yg pegang firman, maka pemulihan menjadi dasar adl firman Tuhan. Tdk hanya hidup dlm firman terang dan kasih. Firman jelas, tegas, tuntas. Firman jangan dikompromikan, pertobatan harus tuntas dan Tuhan menjadi sumber pemulihan.

Anak Tuhan harus bergerak untuk pemulihan, mau membagi berkat