Sabtu, 19 Juli 2008

Sukses Terpesona

Sukses Terpesona

Kej 26: 18-33

  1. Air adalah unsur kehidupan yang penting. Apalagi bagi dunia Timur tengah yang curah hujannya rendah. Dewa-dewi kesuburan dihubungkan dng air, Baal misalnya adalah dewa hujan/kesuburan. Memiliki air berarti memiliki berkat. Ishak sungguh diberkati Tuhan, sumur mati yg dia buka pun masih ada air. Ishak adalah orang yang diberkati Tuhan. (ay.3,12,24,29: janji dan realisasi berkat Allah atas Ishak). Namun dlm proses itu, ia dihambat manusia (Ay.15, 16; 20/21). Akan tetapi, ia Tuhan gantiàDiberi jalan oleh Tuhan (Ay.22; 32 kembali apa yang diambil manusia).Pada akhirnya orang yang diberkati Tuhan, akan Disegani manusia (Ay.28-29) karena ia mengandalkan Tuhan.Berkat datang dari Allah / Tetapi tantangan selalu ada.Biar susah tidak menyerah / Asal pada Tuhan berserah Sumur buntu diubah jadi sumur melimpah. Berkat datang dari Allah / Kalau bukan kehendakNya Jerih lelah apapun juga / hasil tidak akan ada. Kalau sudah kehendakNya / Dihambat segala cara, tidak bisa dicegah.
  2. Apakah Ishak marah ketika haknya dilanggar? Apakah ia punya kekuatan untuk melawan? Ay 27: setiap manusia punya kekuatan untuk marah tetapi Ishak mengontrol kemarahannya. Misi adalah mendemonstrasikan kekuasaan Tuhan. Ayat ini mendukung pernyataan ini.
  3. Hidup Kristen bukan hidup yang selalu mulus. Pimpinan dan penyertaan Tuhan bukan berarti tidak ada masalah. Seringkali sekalipun pimpinan Tuhan sudah jelas, Ia tetap memberikan kita kesulitan agar kita semakin bersandar kepadaNya. Mari kita mengerjakan sesuatu di dalam pimpinan Tuhan, berjalan di dalam pimpinan Tuhan memberikan kita keyakinan akan pernyataanNya, sehingga hasilnya: kita tidak perlu bersungut- sungut, memiliki kekuatan untuk menanggung penderitaan, memiliki semangat untuk terus bekerja. Mari kita bersyukur dan mengakui Tuhan dalam setiap pencapain kita. Berjalan di dalam pimpinan Tuhan membuat hidup kita menjadi kesaksian yang baik bagi orang lain. Nama sumur menyatakan kepemilikannya:

a. Esek : perselisihan , penindasan

b. Sitna: permusuhan, suka mengajar

c. Rehobot: kebebasan , luas, lapang

d. Syeba: sumpah ( bahwa Allah menjadi hakim untuk menghukum pihak yang jahat).

  1. Seseorang yang bernama He Ah Lee/ sejak lahir cacat hanya memiliki 4 jari. Tidak punya tempurung lutut, menderita down sindrome. Sejak kecil sudah ditinggal mati ayahnya. Dirawat oelh ibunya seorang perawat. 6 thn belajar piano untuk menguatkanjari –jarinya. Sejak itu piano menjadi sahabatnya dan menjadi seorang pianis cacat yang terkenal.. Dari cerita ini, sukses bukan memiliki kekayaan melimpah. Sukses adalah ketika seseorang berhasil mengatasi rintangan dang menggapai cita2nya.
  2. makna teologis perjanjian – eksistensi Allah

1. Bukti ay 27à satu pengakuan bahwa Ishak adalah umat pilihan Allah ( Intervensi dan berkat Allah)

2. Berkat ay 29 à bukti berkat Abimelek mengakui pemeliharaan.

3. Takut akan Tuhan- abimelek bukan takut kepada Ishak tetapi kepada Tuhan.

6. outline Kotbah

1. Mengerti makna sukses – bersifat pada kemampuan diri tetapi juga melibatkan Tuhan

2. tujuan Sukses – membagi berkat kepada sesama

3. Sumber Sukses_ ay 26 Tuhan mengingatkan bahwa Tuhan lah sumber segala sukses Ishak karena Tuhan yang memberikan segalanya bukan karena jerih payah

7. Kunci sukses

1. Ia disertai Tuhan ( ay 23,28)

2. ia setia dan taat kepada Tuhan (2,3,6)

3. Ia tekun dan rajin ( 12,18)

4. Ia hanya bersandar kepada Allah

a. Ditunjukan dengan sikap mau mengalah( 17,20,21,23)

b. ditunjukkan dengan sikap mengasihi dan mengampuni para musuhnya ( 16. 26-31)

8. Ilustrasi kecil dalam tema

Dunia sedang menawarkan fenomena ” HOW TO” menjadi sukses. Teori motivasi ini memacu orang untuk mencapai sukses dengan intsan. Seorang motivator Tung Desum Waringin selalu mengajak peserta seminarnya untuk mengucapkan slogan” Semangat”. Memang, sebagian orang pun terpacu untuk bangkit untuk mencapai sukses. Cara2 motivasi seperti ini memacu adrenalin manusia untuk bangkit, tetapi ada sisi negatifnya: egosentris. Dalam pandangan dunia mingkin itulah sukses. Menurut Charles Swindol: seorang sukses adalah seorang yang menempatkan otoritas Tuhan didalam seluruh aspek kehidupannya.

9. Seorang jemaat menikah dengan orang yg berlainan agama. Ketika sang Isteri percaya, mereka di usir dari keluarganya. Keluarga ini mengalami kesulitan ekonomi. Suatu hari seorang teman menawarkan sebidang tanah di hutan. Sang suami membawa isterinya untuk melihat tanah ini berharap tanah ini bisa menjadi tempat berteduh bagi mereka. Tetapi sang isteri mengeluh dan tidak mau tinggal di sana. Melihat reaksi isteri, bapak ini tidak menyerah, ia mulai menyisihkan hasil jerih payahnya untuk membangun rumah di tanah itu sedikit demi sedikit sampai akhirnya menjadi sebuah rumah. Sang isteri dibawa untuk melihat dan ia menerima hasil jerih payah suaminya. Sampai sekarang mereka masih diberkati oleh Tuhan dengan limpah.

10. Zaman sekarang yang miskin menjadi marginal, tetapi zaman itu justru yang kaya yang menjadi marginal.

Ishak bukan seorang yang mempertahankan haknya sampai bertarung, meskipun ia diusir, ia mengalami sikap iri hati, tetapi Ishak tahu bahwa berkat itu datangnya dari Tuhan.

Ia melihat bahwa Tuhan adalah pembelanya. Menjadi pegangan bagi kita bahwa apapun yang kita alami, diperlakukan apapun, dihalangi oleh siapapun, dalam sukses kita ada orang yang iri hati, jangan menyerah karena Tuhan adalah pembela bagi orang yang bergantung kepadaNya..

11. Ayat 25à membangun sebuah altar, dimana Tuhan disebut, di panggil. Menunjukkan bahwa Ishak itu sangat bergantung kepada Tuhan. Dia sangat berharap kepada Tuhan, ia tahu bahwa apa yang dialami itulah kehendak Tuhan. Ketaatan kepada Tuhan adalah suatu yang sangat penting dari Tuhan.

12. Sukses itu bergantung dari Firman Tuhan, Yesus mati di salib, Paulus memberitakan Injil. Perjalanan hidup dari tokoh2 alkitab maupun dunia. Abraham à Ishak. Anak ini sangat meneladani ayahnya, imannya sekokoh Abraham. Diwariskan lagi kepada Yakub dan k e 12 anaknya. Cara abaraham berpisah dengan lot juga diteladani oleh ishak, ketika ia didesak ia tidak pernah melawan karena ia tahu berkat itu datangnnya dari Tuhan. Belajar dari masa lampau, sekarang, dan yang akan datang. Kita perlu belajar dari sebuah history, kita perlu mengestafetkan iman yang benar. Dunia sekarang ini kita perlu tahu apa yang terjadi, kalau tidak maka kita tidak akan tahu apa yang yang terjadi.

13. Emily Dickinson : sukses akan lebih manis bagi orang yang belum pernah sukses. Sukses : Mencapai sesuatu yang diinginkan/ direncanakan berusaha dicapai. Bagaimana keinginan itu ada? Situasi sekarang banyak yang sudah sukses, sudah tidak ada yang ingin dicapai. Journey from Succes to significance: Didalam Tuhan, manusia bukan hanya sukses tetapi juga bermakna.

14. Pergumulan mendasar dalam Ishak adalah air- kebutuhan pokok dan berkat bagi Ishak yang hidup dalam lingkungan yang sulit air. Dlam persoalan ini, titik pengalaman Ishak dan Tuhan dibangun, Ia mengalami Allah dan berkatNya seperti leluhurnya

15. Kejadian 48:15-16

Sesudah itu diberkatinyalah Yusuf, katanya:

”Nenekku dan ayahku, Abraham dan Ishak, telah hidup di hadapan Allah; yang telah menjadi gembala selama hidupku sampai sekarang, dan sebagai Malaikat yang telah melepaskan aku dari segala bahaya. Dialah kiranya yang memberkati orang-orang muda ini, sehingga namaku serta nenek dan bapaku, Abraham dan Ishak, termasyhur oleh karena mereka dan sehingga mereka bertambah- tambah menjadi jumlah yang besar di bumi.

Berkat Yakub kepada 2 anak dari Yusuf (Efraim dan Manasye): membuktikan keluarga Abraham 5 generasi diberkati oleh Tuhan sebagai keluarga yang sukses terpesona, karena mereka mewarisi visi misi berkat anugerah dan janji Allah sebagai keluarga yang beriman.

Ishak berbeda dengan Yakub karena didalam ketengangan jiwa ia memiliki berkat besar sebagai orang yang sukses terpesona hidupnya sangat berkaitan dengan penggalian sumur.

1. Ia mewarisi sumur keluarga di Lahai Roi- bukti nyata bahwa Allah memelihara kesetiaannya bagi orang yang tersingkir.

2. Ia menggali kembali sumur galian ayahnya yang ditimbun dan disumbatkan oleh musuh seperti sumur Esek, Sitna, dan Rehobot.

3. Ia menggali sumur baru : Betsyeba

Kesimpulan

Didalam hikmat berkat penyertaan Tuhan, iman orang percaya sebagai orang yang sukses dalam berusaha, berkarya, dan bermisi harus memiliki kiat –kiat sbb:

  1. mengindahkan yang sudah ada sebagai pewaris yang bertanggung jawab
  2. mengembalikan sesuatu yang pernah ada. Dan mengubah sesuatu yang tidak berguna menjadi sangat bermanfaat, seperti seorang tukang jahit yang pandai merombak baju tua (tidak sekedar membuat baju baru). Michael Angelo, seorang yang terpesona berkarya karena ia dapat mengubah kertas yang tidak berguna menjadi landasan tulisan puisi yang berharga, mengubah rumah tua menjadi istana kecil yang mewah, menjadikan batu salah ukir buangan, menjadi karya master piece, the statue of David di Florence.
  3. membuat sesuatu yang belum ada sebagai hasil karya yang terkenang sepanjang masa.

Walaupun dalam dunia yang penuh dengan iri, benci, dongkol, dan dendam, manusia berlawanan dalam persengketaan, tetapi bagi orang Kristen yang bertumbuh dalam himpitan kesulitan, iman tetap berbicara bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita, seperti syair kuno yang berkata” mencocok padi di sawah, menatap angkasa di bawah (melalui refleksi di sawah), jerih payah tiada akan sia-sia, walaupun mundur sebenarnya adalah maju selangkah”.(setiap cocok padi adalah dengan langkah mundur)

Bagi orang yang sabar subur, kalah angka tetap menang jiwa. Itu sebabnya musuhpun datang berdamai dengan Ishak di Betsyeba