Rabu, 30 April 2008

Kasih itu Mengampuni

Kasih itu Mengampuni

Mat 18:21-35

Prolog

Tema ini indah ttp sulit untuk dilakukan krn juga berbicara kpd kita, pelayan2 Tuhan. Petrus bertanya kpd Yesus sejauh mana pengampunan harus diberikan? Sampai 7x. Petrus merasa begitu bangga krn sudah sebut 7 kali. Aturan Rabbi hanya 3x. Ay.22, Yesus tdk menjawab pertanyaan Petrus dan memuji. Yesus mengatakan 70x7 à Sifat pengampunan tdk terbatas. Utk memperjelas, ia memberikan perumpamaan. Dari perumpamaan ini, Yesus mengajar bhw org yg sudah menerima pengampunan dari Allah bertanggung jawab utk mengampuni orang lain. Mengapa harus mengampuni? (a) krn itu anugerah Allah (27) (b)

Pengampunan adalah perintah (bdk. bagian lain : Kasihi musuhmu, doakan mereka, dsb). (c) Memberi pengampunan mendatangkan sukacita dan kelegaan (34). (d) pengampunan adalah keputusan hati yg dilakukan bersama-sama dengan Tuhan.

Hamba Tuhan 1

Kata-kata Petrus: ay.21. Maksud dari pengampunan lebih dalam dari konsep hukum saja. Sering manusia bangga bisa melakukan hukum agama ttp lupa intinya. Taat perintah Allah itu bukan suatu kebanggaan ttp suatu kehidupan.

Hamba Tuhan 2

(a) Mengampuni berarti melakukan perintah Tuhan. Manusia berharga bagi Tuhan (bdk. perumpamaan anak yg hilang). 70x7 à Kalau melakukan pekerjaan satu kali, orang akan mudah lupa, ttp kalau terus-terusan akan diingat. (b) Pengampunan bisa memperkokoh kesatuan. (c) dibutuhkan kebesaran jiwa dan keberanian untuk mengampuni. Hati-hati dalam mengampuni (Gal 6:1). (d) pengampunan mengingatkan kita akan ada hubungan sekarang dng kehidupan yg akan datang (Bapamu tidak akan mengampuni jika kamu tdk mengampuni).

Hamba Tuhan 3

Novel pemenang nobel perdamaian. Dikisahkan ttg pasangan suami istri. Suami pulang kerja ingin mandi. Di kamar mandi tdk ada sabun shg sumia ngomel. Istri mengatakn tadi ada sabun. Suami mengatakan sudah mandi 1 minggu tanpa sabun. Sejak itu bertengkar dan diam-diaman sampai umur 60 dan tdk pernah bicara lagi ttg sabun. Sampai sekian lama kepahitan itu tdk hilang. Mrk tdk bisa saling mengampuni krn persoalan kecil itu.

Hamba Tuhan 4

Tiga hal (a) ay.21f à Tuhan Yesus ingin mengajarkan bhw kita bersalah besar kpd Allah ttp Allah beri pengampunan tanpa batas. Krn itu, kesadaran kita ttg kasih Allah hrs menjadi dasar pengampunan pd org lain. (b) Antara dosa kita pd Allah dan kesalahan orng lain pd kita itu besar sekali beda kuantitas dan kualitas. (c) Allah menghendaki kita mengampuni atas dasar kehendakNya dan karena Ia terlebih dahulu mengampuni.

Hamba Tuhan 5

Bdk. ay.15-20 à Yesus mengajarkan ttg langkah-langkah menangani org berdosa. Beberapa kali langkah2 ini dijalankan tdk jelas, shg Petrus bertanya. (a) Yesus mengatakan bhw pengampunan itu tanpa batas seperti Allah mengampuni kita tanpa batas pula. Ada orang mengatakan ingin mengampuni ttp tdk bisa melupakan. Dasarnya bukan lupa, krn Tuhan pun tdk melupakan dosa kita. (b) mengampuni bukan berarti jadi bulan-bulanan dosa orang lain. Kita harus tegas. (c) mengampuni tdk menuntut balas. (d) mengampuni itu berarti bertekad hidup bersama dosa yg dilakukan orang lain.

Hamba Tuhan 6

Hamba itu berutang sangat besar, sekitar 300 M. Usaha apapun tidak bisa melunaskannya. Raja itu tergerak oleh belas kasihan, hal yg sering diperlihatkan Yesus sendiri.

Ada banyak kita dimasa lampau mengalami luka batin. Cerita ttg wanita kulit hitam yg suaminya dibunuh dng keji oleh orang kulit putih. Hakim bertanya hukuman apa yg ingin kamu berikan pd pembunuh suamimu. Ia ingin datang ketempat suaminya dibakar, utk mengumpulkan abu suaminya utk dikuburkan. Ia ingin mengangkat anak terdakwa. Ia ingin terdakwa itu maju ke depan dan memeluknya dan mengampuninya.

Hamba Tuhan 7

Ada orng yg sudah menerima pengampunan ttp tidak bisa mengampuni orng lain. Isunya adalah mengapa org yg sudah menerima pengampunan begitu besar tdk bisa mengampuni. Itulah karakter manusia yg hidup dalam dosa. Ia ingin lebih diuntungkan drpd dirugikan. (a) Merenungkan nilai pengampunan Allah hrs jadi bagian hidup sehari-hari shg memberi spirit utk mengampuni. (b) Kebenaran menuntut aplikasi. Kita bergumul antara hukum dan pengorbanan.

Hamba Tuhan 8

1Yoh 3:15. Bgmn bisa membenci itu sama dengan membunuh? Diceritakan ttg seorg yg hidupnya rusak shg anak-anaknya juga rusak. Istrinya berdoa pd Tuhan. Tuhan mengatakan agar ia menyangkal diri. Ia menanti 10 tahun sampai suaminya pulang. Ia bisa menerima kembali suaminya. Suami itu tahu bahwa semua itu karena doa istrinya.

Hamba Tuhan 9

Mengampuni tdk begitu gampang. Perumpamaan ini. Raja itu punya power, justice, compassion, grace, relasinya dng hamba adalah raja-hamba. Dng temannya ia tdk punya power (krn ia juga orang yg berutang), ia juga tdk keadilan, tdk punya compassion, grace (meski sudah alami grace). Hamba yg sudah diampuni mesti memiliki sifat-2 yg dimiliki raja. Pengampunan tdk berdiri sendiri. Dari sisi value, 10000 talenta bagi raja tdk besar. Karakter Allah tdk berdiri sendiri. Pengampunan Allah menyangkut sifat-2 itu. Setelah kita mengalami anugerah, kita harus belajar dari sifat Allah. Perumpamaan ini dimulai dng justice dan diakhiri justice. Kesimpulan Yesus: Bapa di surga akan berbuat yg sama jika tidak mau mengampuni. Dengan mengampuni, kita akan memenangkan Sdr kita.

Hamba Tuhan 10

Pengampunan itu sulit. Harus merupakan suatu pengalaman. Utang uang pasti bisa dibayar. Kalau orang tuanya mati, anaknya meneruskan dst. Membicarakan ttg pengampunan tidak bisa diganti org lain dan saat itu juga krn kalau meninggal tdk bisa dilimpahkan pd orang lain. Untuk mendapat pengampunan hrs menyelesaikan masalah, tidak cukup dng pengampunan begitu saja.

Hamba Tuhan 11

Waktu kita khotbah, ada dua kemungkinan. Kpd yg merugikan atau yg dirugikan. Tidak bisa hanya harus mengampuni, ttp harus diadili (kpd org yg sudah diampuni ttp tdk mau mengampuni). Konteks Matius adalah kerajaan Allah di bumi. Mat 5:48 à sempurna spt Allah sempurna. Contohnya: hujan dan sinar matahari utk org baik dan org jahat. Allah memberi kesempatan yg jahat bertobat. Orang Yahudi dijajah Romawi. Setiap saat mrk bisa ditampar. Apakah mudah mengampuni? “Kalau orang minta baju dalam, beri baju luar.” Orang dunia bisa menggunakan berbagai alasan utk menggantikan tanggung jawab. Bagaimana bisa beri baju dalam jika tdk buka baju luar. Ketika buka baju dalam, yg luar pun diambil sekalian. Jadi rugi total tidak apa-2. Kalau orang paksa satu mil, jalan dua mil. Ada tiga level: hati, otak, mulut. Mulut paling gampang. Masalah kita adalah di otak dan di hati. Kalau ingat tercatat, atau tercatat tidak ingat. Semua kesalahan org memang dicatat, ttp tidak untuk diingat. Terhapus dari ingatan ttp masih ada dalam catatan. Cinta kasih itu harus mendarat di hati. Sebagai konklusi: 7 adalah angka sempurna di surga. Angka sempurna di bumi 10. Maka pengampunan 70x7 adalah pengampunan sempurna.