Jumat, 28 Maret 2008

Jadikan Semua Bangsa Muridku

Jadikan Semua Bangsa Muridku.”
Matius 28:18-20; Ibrani 1:3

Tujuan : Amanat Agung Tuhan Yesus mengajak kita bermisi dalam misi-Nya. Menjadikan semua bangsa murid Yesus adalah tugas utama bagi orang yang sudah diselamatkan, namun bila masih ada yang belum diselamatkan, minggu PI harus menjadi pembaharuan hidup mereka.

1. Ev. Agus Setiyono

Mendapatkan kepercayaan adalah suatu kehormatan, apalagi jika yang memberi kepercayaan itu adalah seseorang yang istimewa. Kepada Yesaya Tuhan bersabda:”Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi." (Yesaya 49:6) dan kepada banyak para nabi Tuhan memberikan perintah bahwa anugerah Tuhan itu harus disampaikan kepada segala bangsa. Tuhan menghendaki supaya berita keselamatan itu disampikan kepada segala bangsa, bukan hanya kepada Yesaya saja Tuhan bersabda, tetapi juga kepada ke 12 murid, bahwa mereka akan dijadikan penjala-penjala manusia. Tidak heran bila perintah untuk memberitakan injil ini terkenal dengan sebutan Amanat Agung.

Para rasul dan banyak orang percaya menyadari bahwa tugas memberitakan Injil ini adalah panggilan istimewa, dan bukan sekedar pilihan alternatif, karena itu banyak para rasul yang menanggapinya dengan ketaatan yang luar biasa. Paulus tahu persis akan hal ini, dan ia menanggapinya dengan meninggalkan segalanya demi menunaikan tugas yang mulia itu “Tetapi apa yang merupakan keuntungan bagiku sekarang kuanggap rugi karena Kristus” (Flp 3:7), dan hasilnya nyata sekali; Injil masuk ke Asia, bahka sampai ke Eropa dan “ujung bumi” pun dicapai.

Berita Injil turut menentukan masa depan dunia, karena itu Iblis tidak tinggal diam, dia berusaha keras untuk menggagalkan amanat agung ini dengan berbagai cara dan tipu dayanya. Tetapi Tuhan tahu akan hal ini oleh karena itu Dia bersabda:"Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. ” (Mat 28:18) ada kuasa yang Maha Tinggi yang menyertai tugas pemberitaan Injil ini, jadi tidak perlu takut dan yang perlu kita lakukan adalah taat; “Pergi, Jadikanlah, dan Baptislah. Kataatan ini harus kita kerjakan sekarang.

Kesadaran inilah yang menggerakkan Adoniram Judson untuk pergi ke Myanmar, William Carrey yang rela melupakan kenikmatan Eropa dan dengan berani menantang kehidupan keras di India waktu itu, juga Nomensen, bahkan Hudson Taylor dan masih banyak lagi orang-orang yang sadar betul akan Amanat Agung ini rela meninggalkan segalanya demi mencari jiwa-jiwa yang terhilang. Jutaan jiwa sedang berbaris menuju neraka, tiba waktunya untuk mengerahkan semua potensi guna melaksanakan panggilan yang mendesak dan istimewa ini yaitu Amanat Agung Tuhan Yesus. Amin.

2. Pdt. Albert

Injil Mat dimulai dgn kata Immanuel, tujuannya memenangkan umat. Ps 21 sudah dimulai tentang bagaimana penyertaan Tuhan dalam PI, tetapi pertanyaan janji penyertaan Tuhan dimana, jika Dia disalib, mati,dll.. Yesus menyertai ( ps 10 ), bahasa asli ego emi, aku ada, seorg penafsir menulis aku kita ada menyertai, jadi keberadaan kita ada diantara Allah dan menyertai, jadi kehadiran-Nya bukan sekedar memberitakan Injil, tapi penggenapan janji. PI ( Penginjilan ) membutuhkan kekuatan yang kuat, yaitu Roh yang beserta. PI tidak pernah lepas dari keberadaan Allah. Ada seorg yang bilang kalau mmg pasti janji Tuhan maka dia akan pergi menyeberangi sungai, lautan, gunung,dll, perkataan org kafir itu justru membuat org percaya terinspirasi untuk memberitakan Injil. Jgn sampai kita kehilangan fokus kita dlm kehidupan ini, yaitu pada Injil.

3. Ev. Dorothy Tong

Perintah utk PI ( Amanat Agung = AA ) : ditujukan utk org-org yang menyembah Yesus, org yg tidak mengerti keTuhanan tdk mampu PI. AA ini dengan kuasa dari bumi dan sorga, kuasa dr Tuhan, utk hadapi kesulitan. AA ini memerlukan aksi yang riil, bkn teori di meja, tapi aktif, objeknya semua bgs, dr wkt ke wkt. AA ini menjadikan semua bgs murid Yesus, bkn spt Farisi, mjd penganut mereka, tapi murid Yesus. AA ini berkaitan dgn grj, PI lalu dibaptis. AA ini hrs di follow up, ajarkan pembinaan. AA ini bersifat kekal, sampai akhir.

4. Pdt. Handy

Kaitan Injil ini yang penting menjadi pelaku Injil. 1. Org Kristen mjd contoh yg baik, menampakkan Kristus dlm diri. 2. Pemulihan. Mjd satu kesatuan. Di indo jk salah,dihukum,bebas stlh itu tergantung masa memilih. Tp dlm iman kita apakah ada pemulihan bg org yg berdosa, atau hukuman selamanya.

5. Ev. Agus Susanto

Kata murid itu penting, tergantung jg pada gurunya. Ada org yg belajar lulus krn gurunya mns. Tp dlm konteks ini murid Tuhan adalah selama-lamanya. Albert Sletzer menguasai musik, teologi, filsafat, pengetahuan luar biasa, tapi disebut liberal, krn tdk percaya Allah, tdk percaya mujizat, dia melayani org yang mengabdikan diri di dusun, luar biasa, tapi lulus hanya di level mns, tapi tdk lulus level mjd murid Yesus, belajar dari Yesus.

6. Ev. Badrin

Injil hrs diberitakan : 1. Paulus di Roma berkata tdk ada berita sepenting Injil, krn Yesus tlh mati bg mns. Sering berita Injil maknanya kabur, shg beritanya tdk tersampaikan. Terpesona dgn cara PI tp tdk pd inti berita. 2. PI tdk dpt hanya Injil tersampaikan, tapi hrs ada goal sampai org mjd murid Yesus, percaya, rela dibaptis, dan bgmn siap melakukan apa yg diajarkan pd mrk ttg Injil

7. Sdr. Candra

PI dipahami sbg bentuk kristenisasi, momok agama oleh org tidak percaya. Kmdn ada salah satu dosen STT tertentu di Jakarta yg memberikan pendekatan baru dalam mengintepretasikan nats ini. Teori ini disebut ‘Cognitive Dissonace”, yang menganggap nats ini adalah keputusasaan pada murid Yesus sehingga memberitakan Injil, tp ini pandgn salah. Mengapa PI 1. Krn Kristus tlh bangkit, yg pd mulanya murid2 terkejut saat Kristus mati,tapi kmdn bangkit. 2.Krn Injil menyelamatkan org. Khotbah Ev. Yanto dr Yak, Injil menyelamatkan dr maut, menutupi dosa, menyelamatkan dr iblis.

8. Pdt. Unandi

Kebangkitan Yesus wkt itu masih mjd kontroversi murid2, krn dlm dunia Yesus telah mati. Tapi 40 hari kmdn Yesus bangkit dan itu mjd fakta yg jelas. 1. bgmn murid2 melakukan perintah Yesus, dgn ketaatan pd Yesus ( ay.16 ), walaupun mrk sdg dlm msh ragu. Itu semua dilakukan krn dr sjk pertama telah diputuskan utk taat. 2. Yesus memberikan AA, disampaikan bhw dlm diri Yesus ada kuasa dr sgl kuasa yg mendasari pelaksanaan AA itu dan jaminan penyertaan Yesus sampai akhir zaman. 3. AA itu mrpkn isi hati Allah yg mjd tujuan utk hari esok mrk. Hidup ini utk mencr makan, uang, kerjaan, dll tetapi bgmn mengubah tuj hari esok mjd melakukan AA ini.

9. Sdr. Nathanael

Sblm mengabarkan AA mk hrs mjd murid yg baik. Sikap hati yg benar sgb seorg murid ( Yes 50:4 ). Ini adalah saatnya utk bertindak dan bergerak sbg utusan Kristus dgn membawa AA.

10. Pdt. Joseph Lin

Ay.17 ini penting, krn ada org yg menyembah Yesus ada yg ragu2. lalu Yesus memberitahukan siapa Dia, hrs melakukan apa, semangat AA, panggilan AA. Tdk melulu apa yg hrs dilakukan, ttp siapa Yesus, stlh Dia memanggil kita, apa kita bisa menolak. Panggilan adalah profesi, apa yg kita lakukan, tdk bs ditolah, beban AA itu apa ? kita memiliki hobi msg2, Paul Tillich Ultimate concern, apa yg mau kita lakukan, kl hanya spt pek sekuler akan lelah. Apakah AA dpt mjd beban kita, yang selalu ingin kita lakukan, penggenapan AA. Bgmn hati kita stlh melihat org membtuhukan. Tdk hanya melayani msy, mjd humanis. Yesus mengajar kita utk melakukan kebenaran. Kita mengajarkan apa yg Yesus ajarkan.

11. Sdr. Sin Han

1. Jadikan semua bgs murid-Ku, dgn Yesus mjd model. 2 Ay 20 agar anak2 Tuhan tdk mengajarkan yg bertentangan dr Yesus.

12. Ev. Arson

Buku Billy Graham : Yesus mempunyai 2 kata penting: datanglah, tiap org dtg menerima pembenaran, penyucian dan pergilah, utk mengajarkan org lain dtg pd Yesus. Khusus AA ini kt kedua, yaitu pergilah, agar murid2 pergi dgn jaminan / bekal. 3 bekal : 1. pergi dgn kuasa-Ku 2. pergilah dgn rencana-Ku 3. pergilah dgn penyertaan-Ku.

13. Pdt. Christiady

Kata yg plg direduksi, mjdkan murid, mjdkan org anggota, memp nama, dan tdk mjdkan murid Yesus. Dari 12 murid, murid yg gagal 1, Yudas. Harapannya bhw yg dibaptis minggu ini tdk hanya member tp jd murid yg sungguh.

14. Pdt. Samuel

Melihat konteks saat itu, kal perintah dan komitmen. Tulisan Richard neighbor, tjd pembaruan, dan tantangan pembaharuan itu. 1. Israel segala-galanya tapi skrg tidak 2. Pola hidup berdasar hukum taurat 3. Berita kebangkitan Kristus. Org Yudaisme tdk bs menerimanya. Situasi skrg adalah tantangan postmodernisme no absolute, no inherren meaning. Krisis ekonomi, tantangan pluralisme, ini merupakan tantangan dan peluang utk PI. Ada penelitian EDI bhw Indonesia tnyt msh byk yg buta huruf. Penyampaian Injil lewat pendidikan sangat bisa.

15. Ev. Chang Khui Fa

PI jaman skrg sulit, mengundang teman saja sulit. PI dan AA ini memang sulit, dan ruang lingkup kita semakin sulit, dengan perasaan ragu, takut utk bergaul dgn org non Kristen. Ada kehidupan kita yg kurang menyentuh org-org non Kristen. Kekuatan dosa agaknya memang kuat, sehingga tdk mudah utk melakukannya. Kapan PI, kemana PI, sgt sulit.